KESIAPAN PENDIDIKAN MUHAMMADIYAH MENGHADAPI ERA SOCIETY 5.0

Authors

  • Rahmad Sugianto Universitas Muhammadiyah Malang
  • Rani Darmayanti Universitas Muhammadiyah Malang
  • M. Nurul Humaidi Universitas Muhammadiyah Malang

DOI:

https://doi.org/10.35719/aladalah.v25i1.155

Keywords:

Muhammadiyah, Society 5.0, Education, Prophetic

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji tentang kesiapan Muhammadiyah dalam bidang pendidikan, salah satunya dengan mengembangkan peradaban profetik sebagai solusi terhadap tantangan society 5.0 dengan konsep khaira ummah dan baldah thayyibah. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan kajian literatur dari berbagai sumber referensi yang relevan dan didapatkan Teknologi, Informasi dan Komunikasi (TIK) yang semakin berkembang dengan urgensi masyarakat yang berpusat pada manusia (human-centered) dan berbasis teknologi (technology based), serta kesiapan Muhammadiyah dalam menyambut era society 5.0 khususnya dalam kiprahnya didunia pendidikan. Kesiapan lainnya yaitu dengan merapatkan barisan berusaha menyinergikan antara potensi dengan sumber daya yang ada, meneguhkan gerakan sosial keagamaan yang mengakar dan mengaliri denyut nadi kehidupan umat dan bangsa serta intelektual Muhammadiyah untuk menyambut dan memaknai society 5.0 sangat besar, karena rekognisi dan ekspektasi masyarakat bangsa dan dunia terhadap Muhammadiyah juga sangat tinggi merupakan kekuatan penggerak perjuangan Muhammadiyah yang perlu direspons dengan spirit yang diwariskan KH. Ahmad Dahlan.

This study aims to examine the readiness of Muhammadiyah in the field of education, one of which is by developing prophetic civilization as a solution to the challenges of society 5.0 with the concepts of khaira ummah and baldah thayyibah. The method used in this study using a literature review of various sources of relevant references and obtained Technology, Information and Communication Technologies (ICT), which is growing with the exigencies of society centered on the human (human-centered) and based on technology (technology-based),as well as Muhammadiyah's readiness to welcome the era of society 5.0, especially in its work in the world of education. Another readiness is to close ranks trying to synergize potential with existing resources, strengthen religious social movements that take root and flow the pulse of the life of the people and the nation as well as Muhammadiyah intellectuals to welcome and interpret society 5.0 is very large, because of the recognition and expectations of the nation and the world community. against Muhammadiyah is also very high as a driving force for Muhammadiyah's struggle that needs to be responded to with the spirit inherited by KH. Ahmad Dahlan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Agustiar, Ahmad. “Relevansi Konsep Pendidikan Berkemajuan KH. Ahmad Dahlan dalam Penyelenggaraan Pendidikan Dasar di Era Revolusi Industri 4.0.” Skripsi. Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2020.

Ali, Mohamad and Ali Marpuji. “Filsafat Pendidikan Muhammadiyah: Tinjauan Historis dan Praksis.” Tajdida: Jurnal Pemikiran dan Gerakan Muhammadiyah 2, no. 2 (2004).

Ayu, Putu Eka Sastrika. “Keterampilan Belajar dan Berinovasi Abad 21 pada Era Revolusi Industri 4.0.” Purwadita 3, no. 1 (2019): 77–83.

Djono, Djono, Hermanu Joebagio, and Nur Fatah Abidin. “Gerak Sejarah Integratif-Multidimensional: Warisan Sartono Kartodirdjo bagi Filosofi Pendidikan Sejarah menuju Society 5.0.” Criksetra: Jurnal Pendidikan Sejarah 9, no. 1 (2020); https://doi.org/10.36706/jc.v9i1.10258.

Dwi, Meita. “Pemanfaatan Teknologi Pendidikan di Masa Pandemi Covid-19: Penggunaan Fitur Gamifikasi Daring di Universitas Muhammadiyah Pringsewu Lampung.” Al-Jahiz: Journal of Biology Education Research 1, no. 1 (2020).

Effendi, Moh Mahfud. Pembelajaran Humanis Masa Pandemi. Yogyakarta: Bildung, 2020.

Falaq, Yusuf. “Education of Citizenship in Higher Education as a Fortress of Nation Characters in Facing Era Society 5.0.” Journal of Educational Sciences 4, no. 4 (2020): 802; https://doi.org/10.31258/jes.4.4.p.802-812.

Al-Faruq, Umar. “Peluang dan Tantangan Pendidikan Muhammadi-yah di Era 4.0.” Ar-Risalah: Media Keislaman, Pendidikan, dan Hukum Islam XVIII, no. 1 (2020): 13–30.

Faulinda, Ely Nastiti, and ‘Abdu Aghni Rizqi Ni’mal. “Kesiapan Pendidikan Indonesia Menghadapi Era Society 5.0.” Edcomtech: Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan 5, no. 1 (2020): 61–66.

Fukuda, Kayano. “Science, Technology and Innovation Ecosystem Transformation toward Society 5.0.” International Journal of Production Economics 220 (2020); https://doi.org/10.1016/j.ijpe.2019.07.033.

Gunawan, Andri. “Teologi Surat al-Maun dan Praksis Sosial dalam Kehidupan Warga Muhammadiyah.” Salam: Jurnal Sosial dan Budaya Syar'i 5, no. 2 (2018).

Hendrawan, Budi, Anggia Suci Pratiwi, and Siti Komariah. “Kajian Aplikatif Penanaman Nilai-nilai Karakter Siswa melalui Gerakan Literasi di Sekolah Dasar Berdasarkan Perspektif Pedagogik Kritis.” ELSE (Elementary School Education Journal): Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar 28, no. 1 (2018).

Kurniawan, Ichwan, and Much. Rifqi Maulana. “Pemanfaatan Aplikasi Mobile Augmented Reality Sebagai Media Pembelajaran Materi Hardware Multimedia pada Matakuliah Sistem Multimedia Stmik Widya Pratama." Jurnal IC-Tech 10, no. 1 (April 2015): 9–15.

Kurniawan, Nanda Alfan, and Ummu Aiman. “Paradigma Pendidikan Inklusi Era Society 5.0.” JPD: Jurnal Pendidikan Dasar (2020): 1-6; http://journal.unj.ac.id/unj/index.php/psdpd/article/view/17736.

Kusniati. “Efektivitas Penggunaan Aplikasi Edumu pada Pembelajaran Fisika terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik Kelas XI IPA di SMA Muhammadiyah 1 UNIS-MUH Makassar.” Universitas Muhammadiyah Makassar, 2021.

Laboratory Hitachi-U Tokyo. Society 5.0. Bunkyo-ku: The University of Tokyo, 2020.

Lazuardi. “Pendidikan Humanisme dalam Perspektif Pendidikan Muhammadiyah.” Forum Paedagogik 10, no. 2 (2020): 1–15; https://doi.org/10.24952/paedagogik.v10i2.2810.

Mahardhani, Ardhana Januar, Iqbal Akbar Imamudin, and Fendy Eko Hardiawan. “Upaya Mitigasi Bencana Melalui Aplikasi Dayakan Mitigation Center (DMC).” Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Universitas al-Azhar Indonesia 3, no. 2 (2021); https://doi.org/10.36722/ jpm.v3i2.560.

Majelis Dikdasmen Pimpinan Pusat Muhammadiyah. “Edukasi Digital Muhammadiyah.” Aplikasi EDUMU, 2020.

Muttaqin, Ahmad. “Religion, Science, and Culture Amidst the Covid-19 Pandemic: Muhammadiyah’s Worship Guidance and Members’ Responses.” Al-Albab 10, no. 1 (2021).

Purwanto, Syilviana Eka, and Muhlasin Amrullah. “Learning Strategies at SMP Muhammadiyah 2 Taman during the Covid-19 Pandemic.” Proceedings. The ICECRS 10 (2021).

Putra, Pristian Hadi. “Tantangan Pendidikan Islam dalam Menghadapi Society 5.0.” Jurnal Islamika: Jurnal Ilmu-Ilmu Keislaman 19, no. 2 (2019): 99–110.

Rahayu, Sugi, and Utami Dewi. “Collaborative Governance dalam Pembudayaan Etika Berlalu-Lintas Pelajar SMA di Kota Yogyakarta.” SOCIA: Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial 14, no. 2 (2018); https://doi.org/10.21831/socia.v14i2.19761.

Rahmawati, F.P. “Penguatan Pendidikan Karakter dengan Pelibatan Keluarga di Lingkungan Pendidikan Dasar Muhammadiyah.” Jurnal PUPS (2017).

Rochmawati, Erna. “Peningkatan Kapasitas Kader Muhammadiyah dalam Penanganan Gejala pada Lansia dengan Penyakit Kronik.” Prosiding. Seminar Nasional Program Pengabdian Masyarakat (2021); https://doi.org/10.18196/ppm.32.202.

Rokhim. “Peran Organisasi Muhammadiyah dalam Bidang Pendidikan di Kecamatan Sukorejo Kabupaten Kendal.” Jurnal Ilmiah Pendidikan Sejarah IKIP Veteran Semarang 2, no. 1 (2014).

Sarmiasih, Mia, and Prawira Yudha Pratama. “Dukungan Kolektif Civil Society dalam Pengarusutamaan Gerakan Anti-Korupsi di Indonesia.” The Journalish: Social and Government 1, no. 1 (2020).

Solviana, Meita Dwi. “Pemanfaatan Teknologi Pendidikan di Masa Pandemi Covid-19: Penggunaan Gamifikasi Daring di Universitas Muhammadiyah Pringsewu Lampung.” Al-Jahiz: Journal of Biology Education Research 1, no. 1 (2020).

Suhendra, et al. “Relevansi Pembelajaran Higher Order Thinking Skill (Hots) dalam Peristiwa Geger al-Ma’un KH. Ahmad Dahlan.” Akrab Juara 5 no. 1 (2020): 43–54; http://www.akrabjuara.com/index.php/akrabjuara/article/view/919.

Syaifuddin, Muhammad Arif, et al. “Sejarah Sosial Pendidikan Islam Modern di Muhammadiyah.” Jurnal Pendidikan Islam 8, no. 1 (2019): 1–9.

Tesa, Lonika D, Amallia Noviani, and Muhammad Mona Adha. “Civic Literacy: Sebagai Upaya dalam Mempersiapkan Warga Negara menuju Era Society 5.0.” Prosiding. Seminar Nasional Virtual Pendidikan Kewarganegaraan, 2021.

Yuliana, Ivo. “Pembelajaran Berbasis Etnosains dalam Mewujudkan Pendidikan Karakter Siswa Sekolah Dasar.” Elementary School Education Journal (ELSE): Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar 1, no. 2 (2017).

Zain, Arifin, Maimun Yusuf, and Maimun Fuadi. “Internalisasi Nilai-nilai Modernitas dalam Gerakan Dakwah Organisasi Muhammadiyah di Aceh.” Al-Idarah: Jurnal Manajemen & Administrasi Islam 1, no. 1 (2017); https://doi.org/10.22373/al-idarah.v1i1.1541.

Published

2022-04-20

How to Cite

SUGIANTO, R., Darmayanti, & Humaidi. (2022). KESIAPAN PENDIDIKAN MUHAMMADIYAH MENGHADAPI ERA SOCIETY 5.0. Al’Adalah, 25(1), 27-42. https://doi.org/10.35719/aladalah.v25i1.155

Issue

Section

Articles