WACANA HAK ASASI MANUSIA DALAM FILSAFAT PENDIDIKAN ISLAM DAN BARAT

Authors

  • Lathifatul Izzah Universitas Alma Ata Yogyakarta
  • Peni Catur Renaningtyas Universitas Islam Malang

DOI:

https://doi.org/10.35719/aladalah.v24i1.54

Keywords:

Hak Asasi Manusia (HAM), Deklarasi Universal Hak Asasi Manusia (DUHAM) , Deklarasi Kairo, Filsafat Pendidikan Islam dan Barat

Abstract

Hak asasi manusia (HAM) merupakan anugrah Tuhan yang bersifat kodrati. Ke-sadaran tentang HAM masih belum dipahami secara utuh dan merata di kalangan masyarakat. Padahal sebagai pengetahuan, HAM penting untuk ditransfer ke dalam dunia pendidikan. Dengan demikian, masyarakat dapat mempraktikkan hak yang seharusnya mereka miliki dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara. Artikel ini mengkaji tentang Deklarasi Universal Hak Asasi Manusia (DUHAM) di dunia Barat dan Deklarasi Kairo di dunia Islam sebagai dasar filosofi penegakan hukum atas pelanggaran-pelanggaran hak asasi manusia dalam dunia pendidikan Islam dan Barat. Dalam analisisnya digunakan pendekatan klasik, kultural, dan kritis atau disebut mixed approach. Hasil kajian ini menunjukkan bahwa deklarasi HAM yang dilakukan oleh dunia internasional (PBB) dalam DUHAM dan Deklarasi Kairo oleh OKI, telah memberikan pengetahuan riil tentang pentingnya HAM dalam kehidupan sehingga manusia dapat mengetahui batasan-batasan dan kaidah-kaidah di dalamnya.

Human rights is a natural gift from God. This awareness of human rights has not been understood well and comprehensively by all people. Whereas knowledge, human rights are important to be transformed into the realm of education. Thus, they can exercise the rights they should have in the life of society, nation and state. This article examines the Universal Declaration of Human Rights (UDHR) in the Western world and the Cairo Declaration in the Muslim world as a philosophical basis for upholding the law for human rights violations in the world of Islamic and Western education. The analysis uses classical, cultural, and critical approaches or what is called the mixed approach. The results of this study conclude that the human rights declaration carried out by the international community (UN) in the UDHR and the Cairo Declaration by the OIC has provided real knowledge of human rights in life so that humans can know the limitations and rules in it.

 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Baderin, Mashood A. International Human Rights and Islamic Law. New York: Oxford University Press, 2003.

Donnely, Jack. Universal Human Rights in Theory and Practice. Ithaca & London: Cornell University Press, 2003.

Iqbal, Muhammad. Fiqh Siyasah Kontekstualisasi Doktrin Politik Islam. Jakarta: Prenada Media, 2015.

Jauhariah. Dinamika Hukum & HAM. Jakarta: Penerbit Cintya Press, 2016.

Khakim, Abdul. “Hak Asasi Manusia dalam Perspektif Pendidikan Islam.” Journal Evaluasi 2, no. 1 (2018). https://doi.org/10.32478/evaluasi.v2i1.84.

Khaliq, Farid Abdul. Fiqih Politik Islam, translated by Faturrahman A. Hamid. Jakarta: Amzah, 2005.

Kristiawan, Muhammad. Filsafat Pendidikan: The Choice Is Yours. Yogyakarta: Valia Pustaka, 2016.

Madjid, Nurcholish. Islam Agama Kemanusiaan, Membangun Tradisi dan Visi Baru Islam Indonesia. 2nd edition. Jakarta: Paramadina, 2003.

Syariati, Ali. Rasulullah Saw. Sejak Hij-rah Hingga Wafat: Tinjauan Kritis Sejarah Nabi Periode Madinah, translated by Afif Muhammad. 2nd edition. Bandung: Pustaka Hidayah, 1995.

Ubaedillah, A. & Abdul Rozak. Demo-krasi Hak Asasi Manusia dan Masyarakat Madani. Jakarta: ICCE UIN Syarif Hidayatullah, 2007.

Wahid, Abdurrahman. Muslim di tengah Pergumulan. Jakarta: LEPPENAS, 1983.

Washil, Izzuddin, and Ahmad Khoirul Fata. “HAM Islam dan DUHAM PBB: Sebuah Ikhtiar Mencari Titik Temu.” MIQOT: Jurnal Ilmu-Ilmu Keislaman 41, no. 2 (2018). https://doi.org/10.30821/miqot.v41i2.394.

Downloads

Published

2021-04-30

How to Cite

Izzah, Lathifatul, and Peni Catur Renaningtyas. 2021. “WACANA HAK ASASI MANUSIA DALAM FILSAFAT PENDIDIKAN ISLAM DAN BARAT”. Al’Adalah 24 (1):45-53. https://doi.org/10.35719/aladalah.v24i1.54.

Issue

Section

Articles