UMKM: WUJUD KEMANDIRIAN EKONOMI PEREMPUAN MENUJU PEREKONOMIAN GLOBAL
Entering the global economy, women in Indonesia still have to bear the burden of the economy in their household even a country. Moreover, they get inequality fee in their job. It means that men get more than women. However, on the other side, the role of women in a family and national economy is one of the important parts in the whole construction along with the increasing of women’s income. It is pointed by the presence of women entrepreneurs in micro, Small and Medium Enterprises (SME/UMKM) which becomes reality economic life in a considerable part of Indonesian people.
Downloads
References
Aktaria, dkk., “Ketimpangan Gender dalam Pertumbuhan Ekonomi”, Jurnal Ekonomi Pembangunan, Vol. 13 No. 2. 2012.
Ali, Moh., “Peranan Perempuan dalam Ekonomi Global: Refleksi terhadap Gerakan Gender di Indonesia”, Musawa, Vol. 1. No. 2. Desember 2009.
Ardhanari, dkk., “Analisis Personal dan Struktural Pumik (Perempuan Pengusaha Mikro) di Surabaya dalam Upaya Pengembangan Keberhasilan Usaha Bidang Ritel, Makalah disampaikan pada Lokakarya Regional: Pengembangan Kewirausahaan Perempuan dalam Usaha Mikro & Kecil, Bali, 29-30 November 2007.
Bina Mitra Usaha Nusantara, Lokakarya MAMPU FASE 2 Program Akses terhadap Ketenagakerjaan dan Pekerjaan Layak Grand Swiss-bell Hotel. Medan 18 Januari 2013.
Business Conference (BC), Program Studi Ilmu Administrasi Bisnis, FISIP. UPN ”Veteran” Yogyakarta, 6 Desember 2012.
Faraz ,Nahiyah J. Peran Serta Perempuan dalam UMKM, UNY, 2013.
Febriani, “Peran Wanita dalam Pengembangan Usaha Kecil dan Menengah di Kota Padang”, Jurnal Manajemen dan Kewirausahaan, Volume 3, Nomor 3. September 2012.
Harahap, Rahmi Fuji Astuti, Analisis Pengaruh Ketimpangan Gender terhadap Pertumbuhan Ekonomi di Provinsi Jawa Tengah, Ilmu Ekono- mi dan Studi Pembangunan Universitas Diponegoro, 2014.
Heryanto, Januar, “Pro dan Kontra Ekonomi Global”, Jurnal Manajemen & Kewirausahaan, Vol. 6. No. 2. September 2004. http://puslit.petra.ac.id/journals/management/.
Jati, Waluya, “Analisis Motivasi Wirausaha Perempuan (Wirausahatawati) di Kota Malang”, Jurnal Humanity, Volume IV. Nomor 2. Maret 2009: 141-153.
Kebijakan dan Strategi Peningkatan Produktifitas Ekonomi Perempuan (PPEP). Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak RI. Diakses pada tanggal 1 Maret 2016. http://perpustakaan.bap- penas.go.id/lontar/file?file=digital/125664-%5B_Konten_%5D- Konten%20C8669.pdf
Keegan, W. J. Manajemen Pemasaran Global (Jakarta: Prenhallindo, 1974).
Kerjasama Lembaga Penelitian SMERU dengan Kementerian Pemberdayaan Perempuan. Buku II: Upaya Penguatan Usaha Mikro dalam Rangka Peningkatan Ekonomi Perempuan (Sukabumi, Bantul, Kebumen, Padang, Surabaya, Makassar) DESEMBER 2003. http://www.smeru.or.id.sites/default/files/publication/buku_2_usaha_mikro_edited_0.pdf
Republika, Jumlah Pengusaha UMKM Perempuan Meningkat (2015), diakses pada tanggal 01 Maret 2016.(http://www.smartbisnis.co.id/content/read/berita-bisnis/umum/jumlah-pengusaha umkm-perem- puan-meningkat)
Tri, Dani Danuar U., “Pengembangan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Berbasis Ekonomi Kreatif di Kota Semarang”, Skripsi (Semarang: Fakultas Ekonomika Dan Bisnis Universitas Diponegoro, 2013).
Widayanti, dkk. “Pengaruh Pertumbuhan Ekonomi Terhadap Kesenjangan Upah Gender”, Proceeding PESAT (Psikologi, Ekonomi, Sastra, Arsitektur & Teknik Sipil), Vol. 5 Oktober 2013 Bandung, 8-9 Oktober 2013.
Widowati, Indah, Peran Perempuan dalam Mengembangkan Enterpreneur/Wirausaha: Kasus di KUB (Joint Business Group) Maju Makmur Kec. Kejajar kab. Wonosobo, 2012.
Downloads
Published
Issue
Section
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
This work is licensed under a Attribution-NonCommercial 4.0 International (CC BY-NC 4.0).