KOMUNIKASI ISLAM SEBAGAI KOMUNIKASI TIGA DIMENSI

Resensi Buku

Authors

  • Kun Wazis IAIN Jember

Judul Buku : Komunikasi Islam
Penulis : Harjani Hefni
Penerbit : Kencana Prenadamedia Group, Jakarta
Cetakan : 2015
Tebal : xiv, 278 halaman

“People cannot not communicate” (manusia tidak bisa tidak berkomunikasi), demikian pakar komunikasi Paul Latzlawick mengungkapkan fenomena komunikasi selalu hadir dimana-mana (omnie present) sehingga memunculkan bidang-bidang kajian komunikasi yang “multi side”. Hal ini meneguhkan bahwa manusia “tidak hanya” sekadar dipelajari identitasnya sebagai makhluk sosial, tetapi dia memiliki entitas lain sebagai “hamba komunikasi” (human communication). Dilihat dari bentuknya, dapat berwujud komunikasi personal (komunikasi interpersonal dan komunikasi intrapersonal), komunikasi grup (komunikasi kelompok besar dan komunikasi kelompok kecil), komunikasi massa (komunikasi media massa cetak, komunikasi media massa elektronik, komunikasi  media  siber),  dan  komunikasi  budaya.  Dipandang  dari  sifat  komunikasinya, bisa berupa komunikasi verbal (komunikasi teks/tulisan dan komunikasi  oral/  lisan),  komunikasi  non  verbal  (komunikasi  gesture  dan  komunikasi visual), komunikasi tatap muka (face to face communications), dan komunikasi bermedia (mediated communictaion).

Downloads

2022-03-11

Published

2022-03-11

Issue

Section

Articles

How to Cite

KOMUNIKASI ISLAM SEBAGAI KOMUNIKASI TIGA DIMENSI: Resensi Buku (Kun Wazis , Trans.). (2022). Al’Adalah, 19(1), 167-190. https://aladalah.uinkhas.ac.id/index.php/aladalah/article/view/117