KOMUNIKASI ISLAM SEBAGAI KOMUNIKASI TIGA DIMENSI
Resensi Buku
Judul Buku : Komunikasi Islam
Penulis : Harjani Hefni
Penerbit : Kencana Prenadamedia Group, Jakarta
Cetakan : 2015
Tebal : xiv, 278 halaman
“People cannot not communicate” (manusia tidak bisa tidak berkomunikasi), demikian pakar komunikasi Paul Latzlawick mengungkapkan fenomena komunikasi selalu hadir dimana-mana (omnie present) sehingga memunculkan bidang-bidang kajian komunikasi yang “multi side”. Hal ini meneguhkan bahwa manusia “tidak hanya” sekadar dipelajari identitasnya sebagai makhluk sosial, tetapi dia memiliki entitas lain sebagai “hamba komunikasi” (human communication). Dilihat dari bentuknya, dapat berwujud komunikasi personal (komunikasi interpersonal dan komunikasi intrapersonal), komunikasi grup (komunikasi kelompok besar dan komunikasi kelompok kecil), komunikasi massa (komunikasi media massa cetak, komunikasi media massa elektronik, komunikasi media siber), dan komunikasi budaya. Dipandang dari sifat komunikasinya, bisa berupa komunikasi verbal (komunikasi teks/tulisan dan komunikasi oral/ lisan), komunikasi non verbal (komunikasi gesture dan komunikasi visual), komunikasi tatap muka (face to face communications), dan komunikasi bermedia (mediated communictaion).
Downloads
Downloads
Published
Issue
Section
License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
This work is licensed under a Attribution-NonCommercial 4.0 International (CC BY-NC 4.0).