STRATEGI PEMASARAN BAGI PESANTREN

IKHTIAR MENJADIKAN PESANTREN SEBAGAI PUSAT PERADABAN

Authors

  • M.F. Hidayatullah STAIN Jember
Pemasaran, Pesantren, Peradaban

Abad informasi dan globalisasi menjadikan kompetisi memasuki segala bidang kehidupan, tak terkecuali pendidikan, termasuk pesantren. Kompetsisi dunia pendidikan menjadikan pesantren merasakan dampak yang cukup signifikan dengan makin menurunnya minat masyarakat untuk menitipkan putra-putrinya ke pesantren. Kondisi ini mendesak pesantren untuk segera menerapkan strategi alternatif, antara lain melalui strategi pemasaran. Disadari atau tidak, meski masih sebagian kecil, sebenarnya pesantren telah melakukan beberapa langkah dari strategi pemasaran, seperti pembuatan brosur, pemasaran dari mulut ke mulut (lewat ceramah agama pengasuhnya), serta melalui jaringan alumni. Tulisan ini berikhtiar mendeskripsikan strategi pemasaran, yang sebenarnya dapat dilakukan oleh pesantren dalam rangka meningkatkan kualitas layanan yang sesuai dengan tradisi pesantren, yang nantinya juga akan menjadikan pesantren lebih diminati oleh masyarakat. Dengan demikian, kekhawatiran menurunnya minat masyarakat terhadap pesantren akan terhapus.

2010-06-10

Published

2010-06-10

Issue

Section

Articles

How to Cite

“STRATEGI PEMASARAN BAGI PESANTREN: IKHTIAR MENJADIKAN PESANTREN SEBAGAI PUSAT PERADABAN”. 2010. Al’Adalah 13 (1): 133-54. https://aladalah.uinkhas.ac.id/index.php/aladalah/article/view/360.