PENERAPAN STRATEGI BELAJAR AKTIF (ACTIVE LEARNING STRATEGY) DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM

Authors

  • Titin Nurhidayati STAIFAS Kencong Jember
Strategi Belajar Aktif, Pembelajaran, Pendidikan Agama Islam

Dalam kenyataan sehari-hari permasalahan yang dihadapi oleh pendidik (guru agama) adalah bagaimana dapat melaksanakan tugasnya dengan baik, karena banyak peserta didik yang masih kurang dalam memahami ajaran agama Islam. Apakah hal ini disebabkan siswa yang masih kurang aktif dalam mengikuti proses belajar mengajar atau cara guru dalam mengajar yang monoton dan membosankan. Agar proses pembelajaran bisa berjalan dengan baik, maka pendidik sebagai penggerak belajar peserta didik dituntut untuk menggunakan dan menguasai berbagai jenis strategi atau metode pembelajaran aktif. Strategi/metode pembelajaran aktif sangat diperlukan karena peserta didik mempunyai cara belajar yang berbeda-beda. Ada yang senang dengan membaca, berdiskusi dan ada juga yang senang dengan cara langsung praktik.

2022-03-25

Published

2022-03-25

Issue

Section

Articles

How to Cite

PENERAPAN STRATEGI BELAJAR AKTIF (ACTIVE LEARNING STRATEGY) DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (Nurhidayati , Trans.). (2022). Al’Adalah, 15(2), 147-158. https://aladalah.uinkhas.ac.id/index.php/aladalah/article/view/194