PENERAPAN STRATEGI BELAJAR AKTIF (ACTIVE LEARNING STRATEGY) DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM

Authors

  • Titin Nurhidayati STAIFAS Kencong Jember

Keywords:

Strategi Belajar Aktif, Pembelajaran, Pendidikan Agama Islam

Abstract

Dalam kenyataan sehari-hari permasalahan yang dihadapi oleh pendidik (guru agama) adalah bagaimana dapat melaksanakan tugasnya dengan baik, karena banyak peserta didik yang masih kurang dalam memahami ajaran agama Islam. Apakah hal ini disebabkan siswa yang masih kurang aktif dalam mengikuti proses belajar mengajar atau cara guru dalam mengajar yang monoton dan membosankan. Agar proses pembelajaran bisa berjalan dengan baik, maka pendidik sebagai penggerak belajar peserta didik dituntut untuk menggunakan dan menguasai berbagai jenis strategi atau metode pembelajaran aktif. Strategi/metode pembelajaran aktif sangat diperlukan karena peserta didik mempunyai cara belajar yang berbeda-beda. Ada yang senang dengan membaca, berdiskusi dan ada juga yang senang dengan cara langsung praktik.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Titin Nurhidayati, STAIFAS Kencong Jember


References

Ahmadi, Abu, dan Prasetyo, Tri Joko. 2005. SBM (Strategi Belajar Mengajar). Bandung: CV Pustaka Setia.

Ardiansyah, Asrori. 2005. Komponen Strategi Belajar Aktif. Diambil pada tanggal 20 Maret 2011, dari http://kabar-pendidikan.blogspot.com.

Budimansyah, Dasim, et al. 2010. PAKEM (Pembelajaran Aktif, Kreatif, Efektif, dan menyenangkan). Bandung: PT Genesindo.

Daradjat, Zakiyah. 2004. Metodik Khusus Pengajaran Agama Islam. Jakarta: Bumi Aksara.

Departemen Agama RI. 2001. Metodologi Pendidikan Agama Islam. Jakarta: Direktorat Jenderal Pembinaan Kelembagaan Agama Islam.

____________. 2005. Al-Qur‟an dan Terjemah. Surabaya: Duta Ilmu.

Depdiknas. 2003. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

____________. 2003. Kurikulum 2004 SMA: Pedoman Khusus Pengembangan Silabus dan Penilaian (Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam). Jawa Timur.

Fathurrohman, Pupuh, dan Sutikno, Sobry. 2010. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: PT Revika Aditama.

Ibrahim, Maulana Malik. 2009. Pedoman dan Materi Pendidikan dan Latihan Profesi Guru (PLPG). Malang: UIN.

Muzakiyah, Lailatul. 2005. Belajar Aktif. Diambil pada tanggal 20 Maret 2011, dari http://www.scribd.com.

Nata, Abuddin. 2004. Metodolagi Studi Islam. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Sabri, Ahmad. 2005. Strategi Balajar Mengajar dan Micro Teaching. Jakarta: Quantum Teaching.

Sekretariat Negara RI. 2003. Undang-Undang RI No. 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Setyawan. 2009. Penerapan Active Learning dalam Pembelajaran Akidah di Pondok Pesantren Islam Darusy Syahadah Simo Boyolali Tahun pelajaran 2008/2009. Diambil pada tanggal 15 Maret 2011, dari http://files.eprints.ums.ac.id.

Sukandi, Ujang. 2003. Belajar Aktif dan Terpadu: Apa, Mengapa, dan Bagaimana. Surabaya: Duta Graha Pustaka.

Syah, Muhibbin. 2008. Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya Offset.

Uhbiyah, Nur, dan Ahmadi, Abu. 1988. Ilmu Pendidikan Islam 1. Bandung: CV pustaka Setia.

Uno, Hamzah B. 2008. Perencanaan Pembelajaran. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Zaini, Hisyam, dkk,. 2008. Strategi Pembelajaran Aktif. Yogyakarta: Pustaka Insan Madani.

Zuhairini, dkk,. 1983. Metodik Khusus Pendidikan Agama. Malang: Biro Ilmiah Fakultas Tarbiyah IAIN Sunan Ampel.

Published

2022-03-25

How to Cite

Nurhidayati. 2022. “PENERAPAN STRATEGI BELAJAR AKTIF (ACTIVE LEARNING STRATEGY) DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM”. Al’Adalah 15 (2):147-58. https://aladalah.uinkhas.ac.id/index.php/aladalah/article/view/194.

Issue

Section

Articles