MADRASAH SEBAGAI LEMBAGA PENDIDIKAN TINGGI

Authors

  • Sarwan STAIN Jember

Keywords:

Madrasah, Pendidikan, Lembaga Pendidikan Tinggi

Abstract

Sebagaimana lazim dipahami, pewarisan tradisi intelektual di dalam Islam melalui proses pendidikan madrasah. Namun, setelah priode klasik, baik Timur maupun Barat, cenderung mengabaikan prestasi mereka. Para ilmuan Barat mereguk keuntungan filsafat yang disediakan para ilmuwan Islam. Masyarakat Islam melanjutkan kegiatan masa-masa awal (bangsa Yunani), sehingga kita mengenal kemajuan peradaban itu. Sementara beberapa sejarahwan menyebutkan madrasah dan masjid-masjid yang besar abad ke-11 dan ke-12 sebagai universitas. 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Mastuhu. 1994. Dinamika Sistem Pendidikan Pesantren, Jakarta: INIS.

Abdullah dan Mustofa. 1999. Sejarah Pendidikan Islam di Indonesia, Pustaka Setia, Bandung.

George Makdisi. tth. The Rise of Colleges: Institutions of Learning In Islam and The West, dikaji secara mendalam oleh Hasan Asari, Menyingkap Zaman Keemasan Islam.

Dhofier, Zamakhsyari. 1982. Tradisi Pesantren, Jakarta: LP3ES.

__________. 1984. KH. A Wahid Hasyim rantai penghubung peradaban pesantren dengan peradaban Indonesia modern. Dalam Prisma, no. 8, 77-81.

Jalaluddin dan Said, U. 1996. Filsafat Pendidikan Islam: Konsep dan Perkembangan, Jakarta: Grafindo Persada.

Nashir, H. 1999. Agama dan Krisis Kemanusiaan Modern, Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Sarijo, M. 1980. Sejarah Pondok Pesantren di Indonesia, Jakarta: Dharma Bakti.

Sternbrink. K.A. 1986. Pesantren, Madrasah dan Sekolah, Jakarta: LP3ES.

Thoha, Chabib, dan Muth'i, A. 1998. PBM-PAI di Sekolah: Eksistensi dan Proses Belajar Mengajar Pendidikan Agama Islam. Yogyakarta: Pustaka Pelajar bekerja sama dengan Fak. Tarbiyah lAIN Walisongo Sernarang.

Muntasyir, Rizal & Munir, Misnal. 2007. Filsafat Ilmu, Pustaka Pelajar, Yogjakarta.

Al-Faruqi, Ismai'il R. & Lois Lamya al-Faruqi. 1986. The Cultural Atlas of Islam, New York.

Azra, Azyumardi. 1995. Pendidikan Tinggi Islam dan Kemajuan Sains (Sebuah Pengantar), Jakarta, Logos.

______________. 1998. Esai-Esai Intelektual Muslim dan Pendidikan Islam. Jakarta: Logos.

Dodge, Bayard. 1961. Al-Azhar: A Millenium of Muslim Learning, Washington, D.C..

Nasution, Harun. 1985. Islam Ditinjau dari Berbagai Aspeknya, Jilid I, Jakarta, Bulan Bintang.

Rahman, Fazlur, 1982. Islam and Modernity, Transformation of an Intelectual Tradition, Chicago, University Chicago.

Stanton, Charles Michael. 1990. Haiger Learning in Islam, The Classical Period, A.D., 700-1.300, Rowman & Littlefield Publisher, Inc.

Mustafa dan Abdullah. 1999. Sejarah Pendidikan Islam di Indonesia, Bandung: Pustaka Setia.

Soebahar, Abdul Halim. 2002. Wawasan Baru Pendidikan Islam, Jakarta: Kalam Mulia.

Rifai, Mohamad. 2009. Wahid Hasyim: Biografi Singkat 1914-1953, Yogyakarta: Garasi.

Bakar, Abu. tth. Sejarah Hidup KH. A. Wahid Hasyim dan karangan tersiar. Panitia buku peringatan KH. A. Wahid Hasyim, Jakarta.

Furhan, Arief. Transformasi Pendidikan Islam di Indonesia, Anatomi Keberadaan Madrasah dan PTAI. 2004, Yogyakarta: Penerbit Gema Media.

Published

2022-03-25

How to Cite

Sarwan. 2022. “MADRASAH SEBAGAI LEMBAGA PENDIDIKAN TINGGI”. Al’Adalah 15 (2):159-68. https://aladalah.uinkhas.ac.id/index.php/aladalah/article/view/195.

Issue

Section

Articles