KRITIK NALAR ISLAM ARAB

TELAAH NALAR KRITIS EPISTEMOLOGI MOH ABID AL-JABIRI

Authors

  • Tauhedi As’ad IKIP PGRI Jember

Keywords:

Epistemologi Nalar Islam Arab, Abid al-Jabiri, Pemikiran Islam Arab Kontemporer

Abstract

Abid al-Jabiri sebagai pemikir utama dalam mengkaji perkembangan pemikiran Islam Arab yang berkembang di era kontemporer. Abid al-Jabiri dengan mengikuti langkah modernitas yang di bangun untuk mencoba memperkenalkan bangunan nalar epistemologinya pada dunia Barat, ia merupakan tokoh yang banyak mencatat pemikiran wacana lama dengan paradigma gaya baru sehingga orisinalitasnya bisa berdampak seperti yang ia bangun sampai sekarang masih menggema sebagai sebuah wacana pengetahuan. Paradigma tersebut menjadi pilihan yang tidak terelakkan, karena mampu mencakup segala yang berhubungan dengan sumber pengetahuan. Abid al-Jabiri mencoba mendasari keilmuan dengan tiga epistemologi, epistemologi nalar bayani, epistemologi nalar burhani dan epistemologi nalar irfani, yang menjadi nalar epistemologi Islam. Namun di sisi lain, pemikirannya banyak mendapatkan kritikan tajam, karena ada unsur subjektifitas yang ia lakukan, jika ada tokoh yang mendukungnya dari pemikirannya, maka ia catat dan mengalahkan pemikir atau pendapat yang lain. Namun setidaknya Abid al-Jabiri mampu membangun wacana nalar epistemologi dengan trilogi pemikirannya, maka wajar karena bagaimanapun juga al-Jabiri adalah manusia biasa yang mencoba membangun modernitas di dunia Islam tanpa kehilangan ruh Islamnya.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Tauhedi As’ad, IKIP PGRI Jember

FIP IKIP PGRI Jember

References

Ali Harb, Kritik Nalar al-Quran (Yogyakarta: LkiS, 2003).

A. Khudori Soleh, Wacana Baru Filsafat Islam (Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2004).

Aksin Wijaya, Menggugat Otensitas Wahyu Tuhan; Kritik Atas Nalar Tafsir Gender (Yogyakarta: Safiria Insania Press, 2004).

____________, Nalar Kritis Epistemologi Islam: Membincang Dialog Kritis Para Kritikus Muslim: al-Ghazali, Ibnu Rusyd, Thaha Husein, Muhammad Abid al-Jabiri (Yogyakarta: Nadi Pustaka, 2012).

Hasan Hanafi, Turath wa al-Tajdid: Maufiquna min al-Turath al-Qadim (Kairo: Maktabah al-Anjlu al-Mishriah, 1987).

____________, Turats dan Tajdid: Sikap Kita terhadap Turas Klasik (Yogyakarta: Titipan Ilahi Press, dan Pesantren Pasca Sarjana Bismillah Press, 2001).

Ibnu Rusyd, Kaitan Filsafat Dengan Syariat, (Jakarta: Pustaka Firdaus, 1996).

Issa J. Boullota, Dekonstruksi Tradisi: Gelegar Pemikiran Arab Islam, (Yogyakarta: LkiS, 2002).

M. Amin Abdullah, Islamic Studies di Perguruan Tinggi: Pendekatan Integratif-Interkonektif (Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2006).

Muhammad Abid al-Jabiri, Bun-yah al-Aql al-Arabi, Dirasat Tahliliyah Naqdiyah Li Nazmi al-Ma‟rifah Fi al-Thaqafah al-Arabiyah, Cet, ke-3 (Libanon Bairut: Markaz Dirasat al-Wahdah al-Arabiyah, 1990).

______________, al-Aql Siyasi al-Arabi: Muhaddadatuhu wa Tajliyatuhu, cet, ke-2 (Bairut: al-Markaz al-Tsaqafi al-Arabi, 1991).

______________, Takwin al-Aql al-Arabi, cet, ke-4 (Beirut: al-Markaz alThaqafi al-Arabi Li al-Thaba‘ah wa al- Nasr wa al-Tawzi, 1991).

Muhammad Abid al-Jabiri, Agama, Negara dan Penerapan Syariah (Yogyakarta: Fajar Pustaka, 2001).

______________, Formasi Nalar Arab (Yogyakarta: IRCiSoD, 2003).

______________, Kritik Pemikiran Islam: Wacana Baru Filsafat Islam (Yogyakarta: Fajar Pustaka Baru, 2003).

______________, Tragedi Intelektual perselingkuhan politik dan Agama, (Yogyakarta: Pustaka Alief, 2003).

______________, Post Tradisionalisme Islam, (Yogyakarta: LkiS, 2000).

Muhyar Fanani, Metode Studi Islam (Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2010).

Osman Baker, Hierarki Ilmu (Bandung: Mizan, 1997).

Published

2022-03-25

How to Cite

Tauhedi. 2022. “KRITIK NALAR ISLAM ARAB: TELAAH NALAR KRITIS EPISTEMOLOGI MOH ABID AL-JABIRI”. Al’Adalah 15 (2):169-82. https://aladalah.uinkhas.ac.id/index.php/aladalah/article/view/196.

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)